About Me

Foto saya
Seorang insan yang selalu berusaha menuju kesempurnaan dunia dan akhirat...

Sabtu, 04 Februari 2012

Keluargaku….Oh keluargaku….


Anak-anak memang sangat unik dan luar biasa, menggemaskan dan kadang membuat tersenyum sendiri  karena jawaban yang unik dan polos. Ibarat wadah kosong maka kita sebagai orang tua harus pandai mengisinya dengan hal-hal yang baik. Rasa ingin tahu yang mereka miliki sangat besar begitu juga dengan kepekaan mereka dalam menilai sesuatu sehingga kita perlu ekstra hati-hati dan bersabar dalam menjawab semua pertanyaan yang mereka ajukan dan tak lupa pengetahuan yang luas sangatlah harus kita miliki karena terkadang pertanyaan atau pernyataan yang mereka ucapkan di luar dugaan kita.
            Hampir setahun saya menjadi salah seorang pengajar di sekolahalam Palembang dan di percaya menjadi fasilitator SD1. Seiring berjalannya waktu, akhir semester 1 sudah tiba, saat review sudah diambang mata. Soal review sudah saya persiapkan dan hari pertama review berjalan lancar.  Hari kedua review tertulis untuk anak-anak SD1, jadwalnya adalah Matematika dan IPS. Seperti biasa diawali dengan doa bersama kemudian sedikit apersepsi agar lebih enjoy mengerjakan soal. Matematika adalah review pembuka di hari yang cerah, semua mengerjakan dengan baik dan sedikit celoteh-celoteh kecil kemudian dilanjutkan dengan pelajaran IPS, mulailah pertanyaan demi pertanyaan muncul sehubungan dengan soal yang diberikan. Akan tetapi ada satu pertanyaan salah seorang murid saya yang membuat tertegun,” Bu, dirumah ummi ga punya adik perempuan terus adiknya abi itu ummi bu”. Setelah sadar saya pun bertanya, “Kenapa mengatakan ummi adiknya abi, Nak?”, dengan polosnya anak tersebut menjawab,”karena abi lebih tinggi tubuhnya dari ummi”. Selesai review saya kembali menjelaskan tentang sebutan atau panggilan silsilah dalam keluarga.
 Menyimak pengalaman diatas tadi, bisa kita simpulkan peran keluarga sangatlah besar dalam kehidupan pola pikir anak. Bagaimana interaksi anak dan orang tua maupun interaksi anak dalam keluarga besarnya. Pengenalan anak kepada setiap anggota keluarga sangatlah penting. Mungkin sekilas ini adalah hal sepele yang tidak begitu urgent tetapi alangkah baiknya dimulai dari hal terkecil  Kepada para orang tua sebaiknya sejak dini anak-anak kita dikenalkan dengan anggota keluarga, harus memanggil dengan sebutan apa anak-anak kita kepada anggota dalam keluarganya.

7 komentar:

Zilla mengatakan...

mita, disekolahnya ada jawatan kosong tidak?kalau ada saya ingin apply hehehe

Putri Biru mengatakan...

hahaha.... serius mau apply.... ada ka.... kapan ke palembang?

Zilla mengatakan...

serius ini..hehehe.jawatan apa itu? jgn guru ya mita kerana saya tidak sesuai utk itu hehehe

palembang?nanti saya bagitahu apabila semuanya sudah confirm..nenek baru meninggal jadinya mak tak izinkan utk ke mana2 buat masa ini huhu

Putri Biru mengatakan...

yups jd cik gu... untuk sementara ini baru itu ka...

Owh tak apa2 ka... persiapkan dengan matang aja plan nya... mita juga trauma karena kejadian kemarin...

Zilla mengatakan...

saya tak sesuai jadi cikgu mita.lembut sangat, nanti saya yang dibuli anak2 hehehe

iya mita..bagi settle semuanya dah confirm nanti saya bgth mita ya, I'Allah...jgn trauma dek kerana itu..saya dan dia, berbeza situasinya hehehe

Putri Biru mengatakan...

justru yg lembut yang dicari,hehe...
dulu ka suara mita juga lembut tp lama-lama jadi besar... maklum alam membentuknya demikian...

Zilla mengatakan...

dulu, kini dan selamanya memang macam ini mita...marah pun macam tak marah hehehe