About Me

Foto saya
Seorang insan yang selalu berusaha menuju kesempurnaan dunia dan akhirat...

Minggu, 16 September 2012

Menyusuri sebagian wilayah Sumatera Selatan part 2

Alhamdulillah akhirnya bisa menyambung cerita kemarin. Baiklah dilanjutkan kisah perjalanannya ^_*

Pagi nan indah di kota Linggau, ini adalah kedua kalinya aku kesini. Dulu pertama kali aku menginjakkan kaki di kota Linggau tahun 2005 saat itu aku pulang mudik (masih kuliah di Pekanbaru) karena ingin tahu kota Linggau akhirnya bela-belain pulang dengan memutar arah lebih jauh dari yang biasanya dilewati (saat itu aku bersama teman satu kos). Ternyata kotanya apik banget dan masih sama saat kali kedua aku datang lagi, disini banyak buah alpukat yang enak klo pulang dari kota ini buah tangannya pasti buah alpukat dan ulekan cabe,hehe... Nah loh kok jadi ngomongi oleh-oleh... *_*

Lanjutttt..... Subuh menjelang kami mulai bersiap-siap untuk kembali melanjutkan perjalanan ke Tebing Tinggi, sarapan yang praktis (mie goreng, kentang goreng plus nugget dan secangkir teh hangat) sambil bercerita dengan brother rencana perjalanan selanjutnya dan sedikit membahas kultur masyarakat di kota Linggau.
Tepat pukul 07.30 wib kami diantar ke angkot tujuan Tebing Tinggi, brother bilang angkosnya Rp.20.000,- dan jarak tempuhnya kira-kira 1,5 jam, lumayanlah...
Selama dalam perjalanan kami mengamati lingkungan sekitar mulai dari bahasa yang digunakan oleh orang-orang yang berada di dalam angkot hingga alam indah yang ada di luar sana. Sungguh kaya Indonesia ini dalam satu propinsi saja bahasa daerah yang digunakan berbeda-beda, sebenarnya aku senang sekali mendengarkan orang-orang yang berbicara dengan menggunakan bahasa daerah karena menurutku indah ada cengkok/lagu yang sangat khas yang tidak sama antara satu daerah dengan daerah lain. Seperti di kota Linggau ini mereka menggunakan akhiran "e" sedangkan di kota Palembang sendiri menggunakan akhiran "o". 

Akhirnya tibalah kami di Tebing tinggi sesuai dengan namanya disini banyak sekali tebing yang tinggi-tinggi bahkan untuk menuju ke tempat tujuan kami yaitu BKD 4 Lawang harus melewati jalan seperti bukit yang berkelok-kelok, jadi teringat saat pergi ke daerah Payahkumbuh dan Bukit Tinggi hanya bedanya disini tidak ada sawah hijau nan indah  ^_^
Oh iya hampir lupa saat ini kan musim kemarau jadi semua terasa panas dan kering. Saat menoleh ke arah sungai terlihat airnya sudah surut.... Intinya kemarau dimana-mana :)

Setiba di BKD kami langsung melihat lokasi ujian dan ternyata aku mendapatkan lokasi di SMA 1 Tebing Tinggi, Alhamdulillah tepatnya tidak jauh dari BKD jadi jalan kaki saja. Berhubung kami tidak punya saudara di daerah ini maka kami berencana setelah melihat lokasi tempat langsung menuju penginapan namun sayang di sayang penginapan penuh semua. Alhasil kami duduk di sebuah kedai di dekat sekolah tersebut (saat itu jam sekolah belum usai jadi harus menunggu hingga sore baru bisa melihat ruang kelas untuk ujian), si empunya kedai seorang wanita setengah baya yang nampaknya baik. Setelah permisi untuk menumpang duduk sebentar aku mencoba bertanya apakah ada lagi penginapan yang bisa kami sewa di sekitar lokasi ujian... Beliau menjawab tidak ada lagi penginapan didaerah itu namun tak disangka-sangka beliau menawarkan untuk tinggal dirumahnya karena saat itu ada kamar anak gadisnya yang kosong (anak gadisnya sudah bekerja di kota Linggau), Subhanallah kami seperti menemukan air di tengah gurun pasir. Rumahnya sederhana namun kehangatan orang yang berada di rumah tersebut membuat kami menjadi cepat beradabtasi jadi seperti keluarga sendiri, saat itu aku ingat masa-masa KKN (Kuliah kerja nyata). Benar-benar tulus sekali keluarga ini sampai air mandi yang diangkut dari sumur sekolah (sumur di rumah keluarga ini sudah kering) sudah tersedia untuk kami mandi.
Setelah beristirahat siang kami berencana pergi ke lokasi ujian untuk melihat ruang kelas, setelah ditelusuri kami tidak menemukan ruang kelas yang sesuai dengan nomor ujianku, mulai sedikit panik aku meminta temanku untuk kembali ke BKD mungkin kami salah lihat tadi.


bersambung lagi ^_*

Tidak ada komentar: