About Me

Foto saya
Seorang insan yang selalu berusaha menuju kesempurnaan dunia dan akhirat...

Jumat, 11 Mei 2012

Semua Berubah Kecuali Perubahan Itu Sendiri

Seperti biasa di Jumat siang yang cukup terik kami melakuka rutinitas mingguan yang membawa kembali semangat yang sempat hilang. Akan tetapi tadi aku benar-benar lupa akan adanya agenda ini, dengan santainya aku berpamitan saat berpapasan dengan murobbiku. Tiba-tiba beliau berbisik,"eh mau kemana, ayo naik-naik kita ngaji." Gubraaakkk!!! Malunya aku sampai lupa jadwal pekananku sendiri... akhirnya dengan tergopoh-gopoh aku menuju ke lantai atas untuk bergabung bersama teman-temanku.

Kali ini aku mendapatkan sesuatu yang lain, sesuatu yang membawaku BERUBAH menuju kearah yang lebih baik. Baiklah aku akan berbagi ilmu yang sudah aku dapatkan tadi.
Disimak baik-baik, mudah-mudahan ini bermanfaat ^_^



Bergerak adalah tanda utama dari kehidupan (Al harokatu 'alamatul hayaah). Bumi, matahari, bulan dan bintang semuanya bergerak teratur dalam garis edarnya. Awan diangkasa, gelombang di samudra, angin di celah lembah seirama putaran semesta. Binatang di hutan, ikan di lautan dan burung di angkasa bergerak dalam lingkaran takdirnya. Bahkan gunung yang kita sangka diam pun ternyata bergerak laksana bergeraknya awan, demikian kata Allah dalam Q.S An-Naml ayat 88.

Berhenti bergerak berarti mati!
Bergerak artinya sama dengan berubah. Berubah dari satu putaran ke putaran yang lain, berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain, berubah dari satu posisi ke posisi yang lain, berubah dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Semua berubah kecuali perubahan itu sendiri. Wa tilkal ayyaam nudaawiluha bainannas, dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu kami pergilirkan diantara manusia, demikian kata Allah dalam Q.S Ali Imran ayat 140.

Enggan berubah berarti menunggu mati !
Perubahan adalah salah satu rahasia di balik kekuatan alam yang maha dahsyat. Ledakan bom nuklir dan aliran jutaan mega watt listrik adalah salah satu diantara rahasia kekuatan energi alam yang berhasil dibuat oleh manusia karena memahami perpubahan energi, yang berawal dari penemuan hukum bahwa energi tidak bisa diciptakan dan dimusnahkan, hanya bisa diubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.

Perubahan adalah pangkal dari perbaikan nasib. Nasib yang sudah ditetapkan untuk kita bisa diubah dengan melakukan perubahan. Allah sang pemilik perubahan telah menetapkan hukum perubahan kepada perubahan itu sendiri. "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri" (Q.S. Ar-Ra'd:11)

Jadi sebenarnya kita tidak bisa melawan perubahan, karena perubahan itu sendiri lebih kuat dari tenaga kita dan lebih panjang usianya dari usia kita. Maka langkah cerdas yang bisa kita lakukan adalah memanage perubahan. We cannot direct the wind but we can adjust our sails, demikian sebuah kata bijak mengatakan.

Kita sekarang berada dalam empat zaman yang terjadi secara bersamaan: zaman globalisasi ekonomi, zaman teknologi informasi, zaman strategic quality management, dan zaman revolusi manajemen. Dari pengalaman umat manusia di masa lalu, dalam mengalami satu zaman saja, misalnya Revolusi Industri, dampak perubahan zaman terhadap kehidupan masyarakat sudah tidak terperikan dahsyatnya. Dapat kita bayangkan bagaimana dahsyatnya perubahan zaman terhadap kehidupan yang sekarang sedang dialami oleh masyarakat dengan terjadinya sekaligus empat zaman. Maka kita dituntut untuk selalu meningkatkan kemampuan untuk beradaptasi mengikuti irama perubahan yang konstan, pesat, serentak, radikal dan pervasif (sistem perencanaan dan pengendalian manajemen, Mulyadi & Johny Setyawan, Aditya Media, Yogyakarta, 1999)

Contoh masyarakat yang tidak siap dengan perubahan adalah Bani Israil pasca kepemimpinan Musa As, mereka tidak siap dengan perubahan struktural ketika terjadi suksesi kepemimpinan karena orang yang diangkat menjadi pimpinan mereka adalah orang baru diluar perhitungan mereka sebelumnya.
(Q.S. Al-Baqarah:247)
Wallahu A'lam...

Mudah-mudah bermanfaat sebagai pencerahan untuk sebuah perubahan diri menjadi lebih baik lagi ^_^

Mas google

Tidak ada komentar: